Jasa layanan servis kulkas dan freezer bergaransi info lanjut 👇👇👇 wa.me/6282230868168

Jumat, 06 Januari 2017

Tv led ada suara tidak ada gambar

Kerusakan LED TV tanpa gambar (layar gelap) padahal suara normal, biasanya disebabkan oleh tidak berfungsinya panel LED untuk pencahayaan latar pada layar LCD.
Kasus ini sering terjadi pada LED TV karena pada TV jenis ini pencahayaan latar (back light) didapatkan dari nyala banyak LED yang tersusun secara seri. Ketika ada satu saja LED yang mati, maka seluruh layar tidak akan mendapatkan pencahayaan latar sehingga gambar menjadi tidak tampak atau gelap, meskipun pada bagian LCD-screen sebenarnya ada terdapat elemen-elemen gambar yang terbentuk.
Berikut ini akan diulas tentang perbaikan kerusakan tersebut. Sebagai contoh di sini dikemukakan perbaikan TV Samsung model UA32F4000AMXXD. Dalam prakteknya bisa saja untuk LED TV lainnya karena pada prinsipnya langkah-langkah pengetesan dan tindakan yang diambil tidak jauh berbeda.
Untuk memastikan bahwa kerusakan yang terjadi adalah pada panel LED, perlu dilakukan langkah sebagai berikut :
Memeriksa tegangan DC untuk suplai panel LED.
Pada TV Samsung suplai tegangan untuk panel LED dihasilkan oleh rangkaian “boost-converter” yang menghasilkan tegangan DC sekitar 135V.
Boost-converter adalah sebuah unit power-supply khusus yang menaikkan tegangan DC menjadi lebih tinggi, lihat ulasannya dalam : Boost-converter .
Tegangan 135V dari boost-converter ini dibutuhkan untuk mensuplai 45 LED yang terangkai secara seri. Tentang rangkaian LED seri beserta tegangan yang dibutuhkannya sekilas telah dibahas dalam : Susunan LED seri dan LED paralel .
Tegangan 135V ini dapat diukur langsung melalui dua kaki elektroda elco filter tegangan tersebut, yaitu C9801 (22µF/250V). Pengukuran dilakukan dengan menggunakan AVO-meter pada posisi DCV250.
Apabila pengukuran tegangan menunjukkan angka sekitar 230V maka sudah bisa dipastikan bahwa telah terjadi kerusakan pada panel LED, sebab angka sebesar itu adalah angka tegangan yang dikeluarkan rangkaian buck-converter tanpa terbebani.
Apabila panel LED dalam keadaan normal, ia akan membebani tegangan suplai hingga turun menjadi sekitar 135V.
Jika perlu (agar lebih yakin) cobalah untuk melepas konektor panel LED, lalu lakukan pengukuran tegangan pada elco filter itu dan catat hasilnya. Setelah itu pasang kembali konektor panel LED ke tempatnya dan lakukan lagi pengukuran tegangan pada elco. Jika hasil pengukuran sama saja (tetap tinggi) maka berarti panel LED memang tidak membebani tegangan tersebut. Panel LED tidak bekerja karena telah terjadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar