Jasa layanan servis kulkas dan freezer bergaransi info lanjut 👇👇👇 wa.me/6282230868168

Rabu, 18 Januari 2017

Fungsi pin ic LA78040

Berikut adalah fungsi dan cara kerja masing-masing pinout IC penguat vertikal kedua gambar diatas:

Pin 1 pin input. Terhubung ke vertikal output IC utama. Difungsikan sebagai input/masukan IC vertikal. Tegangan biasanya terukur 0,2v dc – 3,2 v dc

Pin 2 pin VCC 1 . Terhubung ke sumber catu daya vertikal. Catu daya tunggal vertikal besarnya 24v dc -28v dc. Sedangkan untuk rangkaian catu daya simetris di pin ini biasanya +14v.

Pin 3 pin Pump Output. Sebagai feed back catu IC vertikal yaitu mengatur penguatan IC vertikal. Kelebihan dan atau kekurangan tegangan diatur dalam pin ini.

Pin 4 pin Ground / Negatif. Untuk catudaya tunggal pin ini terhubung ke netral / ground. Sebagai catu daya negatif (nol) IC vertikal. Sedangkan dalam rangkaian catudaya simetris pin ini diberi tegangan negatif -14vdc.

Pin 5 pinVertikal Output. Terhubung ke rangkaian defleksi yoke vertikal. Sebagai output penguatan vertikal dimana sinyal gigi gergaji yang telah dikuatkan akan tersalur ke kumparan defleksi vertikal dan akan membelokkan berkas elektron keatas dan kebawah. Bila IC vertikal (rangkaian) bekerja normal, pin ini akan terukur setengah dari VCC yakni 12vdc.

Pin 6 pin VCC 2. Terhubung ke catu daya positif melalui sebuah dioda. Tegangan ini sebagai catu daya positif kedua untuk IC vertikal. Bila di pin 2 terukur 24v maka di pin ini akan terukur 23,4 vdc. Begitu pula bila di pin 2 +14vdc maka pin ini +13.4vdc. Karena sudah melewati sebuah dioda.

Pin 7 pin input non inverting (input tidak membalik). Ke catu daya 12 v melalui sebuah R 10k. Tegangan 12 v ini dalam televisi mesin cina biasanya ada dari power supply yang digunakan untuk mensupply blok lainnya. Pin ini juga berfungsi untuk mengatur operasional penguatan / op-amp IC vertikal. Tegangan di pin ini terukur 9v-12vdc.

1 komentar: