Jasa layanan servis kulkas dan freezer bergaransi info lanjut 👇👇👇 wa.me/6282230868168

Sabtu, 08 April 2017

Fs7um jebol terus

Seringkali kita alami kerusakan pada tv
Polytron dengan gejala konslet nya FET pada regulator atau sering kita sebut FS7UM, tentunya kerusakan ini kadang perlu ekstra hati-hati juga, sebab jika kita tidak benar koreksi pengecekanya bisa jadi FS7UM jebol berkali-kali setelah melakukan pergantian.
Kerusakan seperti ini akan mengakibatkan MCB PLN anjlok langsung ke posisi off saat TV kita colokkan atau dinyalakan, seperti contohnya berikut pada TV Polytron Turbo Picture model type PN 20323K.
TV ini dengan komponen utama IC Chroma TDA 8841, IC vertical LA7830 , TR Horizontal D1878 ,
Regulator FS7UM , dan memakai FBT FCM20B061N .
Setelah dilakukan pengecekan yang mengakibatkan KWH PLN anjlok adalah Fet FS7UM yang short, dan apabila Fet tersebut rusak konslet tidak bisa ganti begitu saja langsung jadi, tadi ada komponen lain yang jadi penyebab kerusakan Fet tersebut, yaitu komponen yang berada di area sekitarnya pada Regulator. Jadi kita supaya berhati-hati dalam pengecekan agar tidak terjadi penggantian Fet berkali-kali langsung jebol lagi.
Awal penelusuran kita coba cek komponen yang biasanya harus di periksa jika mengalami gejala seperti ini, yaitu periksa TR C1815, TR A1015, TR C945, kemudian pada Dioda Dzener 13 volt, Dioda Dzener 2 volt, R 33 ohm, R 0,39 ohm ,
Optocoupler, serta Elko 400 volt jika kering bisa juga menjadi penyebab.
Kemudian setelah semua komponen utama diatas dicek dan apabila memang ada kerusakan pada salahsatunya, setelah melakukan pergantian jangan dulu memasang FS7UM saat mencobanya, kosongkan dulu bagian Fet lalu kita ukur pin G FS7UM, normalnya akan terukur sekitaran 3,5 volt sampai 4 volt DC, apabila pada pin G tidak ada tegangan atau drop maka akan mengakibatkan FS7UM jebol kembali saat dipasang, dan harus ganti berulang-ulang nantinya malah kebobolan.
source : diambil dari kristuren
Pada kasus ini yang rusak yaitu TR C945 , TR A1015 , TR 1815 ,
Otocoupler pc817 dan Fet FS7UM itu, untuk komponen lainya seperti R dan dioda Dzener masih bagus, setelah pergantian komponen yang rusak diatas dan diukur tegangan normalnya pada pin G sebelum FS7UM dipasang, maka TV pun bisa nyala normal kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar